Kamis, 24 Desember 2009

Optimalisasi Fungsi Bimbingan Konseling Sekolah


Belakangan ini marak terjadi kasus-kasus kenakalan remaja, mulai dari perkelahian geng dan sekolah, perilaku mesum dan kemaksiatan, penggunaan Narkoba dan Alkohol, serta seks bebas di kalangan pelajar. Kasus-kasus yang tidak tampak pun kiranya semakin muncul di atas riak-riak air sistem pendidikan di negeri kita, dimana siswa yang tidak memenuhi standar nilai yang ditetapkan oleh DEPDIKNAS semakin banyak dan sulit untuk membendungnya.

Sampai dengan akhir September 2003 kasus AIDS yang dilaporkan pada kelompok umur 0 – 29 tahun sebesar 49,8 % dari keseluruhan kasus AIDS yang dilaporkan. Prosentase ini mungkin akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya penggunaan napza suntik yang mayoritas dilaporkan pada kelompok berumur kurang dari 25 tahun. Oleh karena itu kita menyadari bahwa remaja sangat rentan tertular HIV/AIDS antara lain karena kelompok remaja tersebut sudah mulai aktif secara seksual, penyalahgunaan napza suntik, kekerasan seks dan rendahnya pengetahuan kesehatan reproduksi termasuk HIV/AIDS (IFPPD, 2008).

Kasus-kasus yang terdata tersebut tentunya tidak sebanyak kasus-kasus yang belum terungkap atau masih terselip dalam dinding-dinding sekolah. Ibarat gunung es, bagian gunung yang terdapat di bawah air justru lebih besar dibanding yang terlihat di atas air.

Rasa iba, kasihan, dan prihatin tentunya tidak cukup untuk menyelesaikan masalah ini. Mengingat betapa semakin besar tantangan yang akan dihadapi oleh bangsa ini di tahun-tahun mendatang, hal ini harus dituntaskan segera.
Pertama, Kita harus sepakat bahwa anak adalah bahan baku mentah yang siap diolah dan dibuat sedemikian rupa untuk penyiapan iron stock (meminjam istilah mahasiswa) di masyarakat, yang memiliki tugas untuk melanjutkan kerja-kerja peradaban bangsa ini ke depan. Oleh karenanya, anak yang lahir di atas dunia ini memiliki potensinya masing-masing yang siap dikelola dan diproses oleh institusi pendidikan. Potensi-potensi yang dimiliki oleh anak yaitu, kognitif, afektif, dan konatif. Kognitif adalah ranah kognisi atau pikiran yang di dalamnya berfungsi untuk mengolah hal-hal yang diperolehnya dari lingkungan apakah sesuai dengan logika atau tidak. Afektif adalah ranah perasaan yang di dalamnya terdapat emosi-emosi – berupa cinta, marah, takut, dan sebagainya – yang berfungsi sebagai alat penangkap dan penyebaran bahasa-bahasa non verbal dalam komunikasi intrapersonal maupun interpersonal, dan sebagai media untuk menentukan sikap terhadap suatu keadaan. Konatif adalah aspek perilaku yang ada pada diri anak. Tidak ada anak yang bodoh, inilah yang dikemukakan oleh pakar Multiple Intelligence Howard Gardner dalam bukunya. Karena potensi yang dimiliki anak adalah anugerah yang diberikan oleh Allah SWT untuk dikembangkan.
Kedua, kita juga harus sepakat bahwa keluarga merupakan institusi pendidikan pertama bagi anak.

Dimana pengajaran nilai-nilai, norma-norma, aturan, dan agama menjadi tugas bagi keluarga untuk mengembangkannya di dalam diri anak. Jangan pernah berharap bahwa anak adalah robot yang telah memiliki sejumlah program yang telah dibawanya dari lahir, akan tetapi anak ibarat kertas putih yang siap diisi dengan tulisan, warna maupun corak-corak yang bisa menjadi bekal baginya di masyarakat.
“Tiap bayi dilahirkan dalam keadaan suci (fitrah-Islami). Ayah dan ibunya lah kelak yang menjadikannya Yahudi, Nasrani atau Majusi (penyembah api dan berhala)”. (HR. Bukhari)

Ada fenomena lucu yang terjadi di masyarakat kita, betapa beberapa kalangan orang tua kita melepaskan tugas dan tanggung jawabnya terhadap anak – hanya dengan alasan pekerjaan – kepada Babysitter dan playgroup. Padahal Lorentz menyatakan dalam teori ikatan (bonding theory) yaitu anak akan mengikuti pola yang diajarkan oleh orang yang mendidik dan membesarkannya. Jangan heran kalau anak-anak kita lebih dekat dengan pembantu atau babysitter kita, karena memang dari awal kita sudah menunjukkan betapa jauhnya jarak kita dengan anak. Sehingga kita harus menyadari bahwa anak adalah amanah yang diberikan oleh Allah kepada kita untuk kita didik dan kita besarkan dengan penuh kebaikan. Sebagaimana firman Allah SWT:

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”. (at-Tahrim: 6)
Ketiga, kita mesti sepakat bahwa sekolah adalah produsen atau sebuah pabrik yang akan mengolah bahan mentah (anak) tersebut menjadi sebuah bahan jadi yang bisa bermanfaat bagi dirinya sendiri dan bagi masyarakatnya. Sekolah merupakan Institusi pendidikan kedua setelah keluarga, dimana nilai-nilai edukasi diajarkan dan dibentuk pada diri anak mulai dari tingkat sekolah dasar sampai tingkat Lanjut. Pendidikan dan pengajaran menjadi fungsi utama dari sekolah. Sayang, banyak sekolah yang hanya menjalankan fungsi yang kedua, yaitu pengajaran. Sehingga beberapa guru merasa senang dan bangga kalau murid-muridnya kurang berhasil dalam mengerjakan soal ujian yang dibuatnya. Fenomena ini akhirnya membentuk persepsi sosial anak bodoh dan anak pintar.

Anak yang pintar dalam persepsi guru adalah anak yang berhasil menjawab persoalan logis-matematis dan bahasa (bahasa asing), padahal potensi-potensi anak yang lain belum tergali, sehingga kesempatan mereka untuk berkembang menjadi terbatas karena gurunya yang membatasinya. Jika anda memiliki persepsi ini, maka anda salah besar. Karena tugas guru adalah memberikan pemahaman edukasi kepada anak sesuai dengan potensinya masing-masing. Cara guru yang terkesan tradisional dalam penyampaian informasi juga terkadang menjadi hambatan bagi siswa untuk belajar. Sistem “catat bahan sampai abis”, ceramah yang monoton tanpa diberikan “bumbu-bumbu” humor atau contoh-contoh yang aktual membuat siswa semakin jenuh dan memberontak untuk tidak belajar di kelas.

Inilah problema yang tidak pernah tuntas dalam sistem pendidikan kita. Tentu tidak adil ketika kita mau membuat suatu standarisasi nilai atas satu makhluk yang memiliki kompleksitas kognisi, afeksi, dan konasi di dalam dirinya!
Karena penjabaran angka-angka matematis yang ada di sistem sekolah pun, alhasil hanya digunakan sekian persen di dalam masyarakat kita. Ditambah lagi dengan label-label yang diberikan kepada siswa sebagai anak malas, anak bodoh, anak nakal dan sebagainya, membuat masalah menjadi rumit.
Oleh karena itulah sekolah harus memiliki pemahaman bahwa merekalah adalah pabrik, dimana di dalamnya akan mencetak anak-anak yang cerdas dan berbobot yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.

Fungsi Bimbingan Konseling pun menjadi aspek yang penting pula dalam pengembangan sekolah yang holistik. Karena Bimbingan Konseling adalah wadah dimana siswa yang unik (kita ganti istilah anak malas, bodoh, dan nakal menjadi siswa unik) dianggap sama dengan siswa yang berprestasi dalam bidang akademik. Kita bisa melihat betapa di Bimbingan Konseling di negara-negara Eropa dan Amerika memberikan sebuah inovasi yang besar dalam dunia pendidikan. Dimana siswa-siswa yang memiliki masalah diidentifikasikan potensinya, BUKAN MASALAHNYA, sehingga BK bisa memberikan rekomendasi khusus kepada sekolah untuk menjadikan bakat ataupun potensinya sebagai sarana baginya untuk mengubah citra dirinya yang semula negatif menjadi positif.
Fungsi bimbingan konseling yang lain pula adalah memberikan masukan kepada pihak sekolah mengenai rancangan kurikulum sekolah yang humanis dan progresif, sehingga arah kurikulum sekolah mengacu pada hak asasi manusia bukan pada instalisasi software program pada manusia seperti robot. Sehingga bimbingan konseling melakukan evaluasi-evaluasi terhadap pola pendidikan dan pengajaran guru, perkembangan prestasi anak (lewat wali kelas), dan penelitian-penelitian yang bersifat eksperimental untuk pengembangan sekolah menuju ke arah yang baik.

Bimbingan sekolah harus mengoptimalisasi fungsinya sebagai sponsor untuk memberikan pengembangan pada diri anak. Pencarian-pencarian LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), klub-klub akademik, pencinta alam, kesehatan, agama, dan lainnya, serta event-event regional, nasional dan internasional untuk mendukung pengembangan potensi anak.
Fungsi yang lain adalah, bersama-sama dengan sekolah mendesain tempat pembelajaran yang menarik, nyaman dan kondusif untuk berlangsungnya proses belajar mengajar. Sekolah bisa membuat improvisasi di setiap kelas untuk duduk di lantai atau belajar di alam terbuka, sehingga proses transfer informasi pada siswa bisa berlangsung dengan baik.

Keempat, kita harus sepakat bahwa masyarakat merupakan aspek yang cukup signifikan dalam perkembangan peserta didik. Keamanan, keadilan, kenyamanan dan budaya menjadi faktor penting dalam perkembangan peserta didik. Sehingga menjadi tugas pemerintah adalah menjadikan masyarakatnya sebagaimana masyarakat yang madani dan humanis. Sebagaimana yang difirmankan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an (surah Shaad: 26):
“Hai Daud, sesungguhnya Kami menjadikan kamu khalifah (penguasa) di muka bumi, maka berilah keputusan (perkara) di antara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, karena ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah. Sesungguhnya orang-orang yang sesat darin jalan Allah akan mendapat azab yang berat, karena mereka melupakan hari perhitungan”

Akhirnya, dengan memperhatikan 4 aspek tersebut, insya Allah bisa menuntaskan beberapa permasalahan pendidikan kita di Indonesia. Penulis juga merasa bahwa tulisan ini masih memiliki kekurangan, yang disebabkan oleh masih kurangnya pengetahuan penulis tentang masalah ini. Apabila ada kebenaran yang tersampaikan itu semua berasal dari Allah SWT. Semoga ada hikmahnya. disadur dari http://www.psikademik.blogspot.com

Selasa, 22 Desember 2009

Info Lowongan kerja.....(terbatas)


Dear all my friend and my family Perusahaan kami sedang membuka lowongan pekerjaan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.


CAREER OPPORTUNITY

PT. Hadji Kalla - Autorized Main Dealer Toyota yang memiliki 21 Cabang di Sulawesi Selatan, Tengah, Tenggara, dan Barat dan akan terus berkembang pesat di masa mendatang, memberikan kesempatan bagi anda untuk bergabung sebagai :
1. Marketing Analyst (MA)
2. Human Resources Analyst (HRA)
3. Auditor (AU)
4. Finance/Accounting Analyst (FIN/ACC)
5. Administration Officer (AO)
6. Customer Reation Coordinator (CRC)
7. Publik Relation (PR)
8. IT Programmer (PIT)
9. Legal Officer (LO)

Syarat :
> Pria & Wanita
> Usia maksimal 32 tahun (8,9), 27 tahun (1,2,3,4,5), 25 tahun (6.7)
> Pendidikan :
- S-1 Semua Jurusan (1) IPK Min.2.75
- S-1 Ilmu Komunikasi / Manajemen / Public Relation (6.7) IPK Minimal 2.75
- S-1 Psikologi / Manajemen SDM / Hukum (2) IPK Minimal 3.00
- S-1 Akuntansi (3,4) IPK Minimal 3.00
- S-1 / D-3 jurusan Pulbik Relation / English Business / Sekretaris / limu Komunikasi (5) IPK Min.3.00
- S-1 Programmer (8) IPK Min. 2.75 dan berpengalaman sebagai programmer pada perusahann IT
- S-1 Hukum (9) IPK Minimal 3.00, diutamakan yang menguasai hukum perdata
> Pengalaman dibidangnya masing-masing minimal 1 tahun (1,2,3,4,5)
> Pengalaman sebagai progammer pada perusaan IT minimal 1 tahun (8)
> Pengalaman sebagai Legal Officer minimal 1 tahun (9)
> Penempatan : - Makassar (1,2,3,4,5,7,8,9)
- Wilayah Kerja perusahaan (6)
> Mampu mengoperasikan komputer Ms. Office (Excel, Word, Power Point, dll)
> jujur, Kominikatif, Inovatif, Bertanggung Jawab dan cepat belajar serta adaptasi lingkungan, memiliki semangant kerja yang tinggi, ulet, mampu bekerja secara mandiri dan tim.

Kirimkan lamaran lengkap anda paling lambat tanggal 24 Desember 2009 dengan mencantumkan kode jabatan yang dilamar pada sudut kanan atas amplop lamaran anda ke :

HR DIVISION HEAD PT. HADJI KALLA
JL. HOS COKROAMINOTO NO. 27 MAKASSAR
TELP. 0411-311111 (ext.311, 308)


Menggugat Hari Ibu (22 Desember)


MAAF....
sebelumnya saya sempat tergelitik dengan penentuan hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember
TULISAN INI BUKAN DALAM RANGKA MEMEPERINGATI HARI IBU
ENTAHLAH..HARI INI WALL AKU PENUH DENGAN UNTAIAN BAHASA CINTA UNTUK BUNDA
Sy sendiri heran kenapa hari ini (22 Desember) orang selalu mengait-ngaitkan dengan "the mother's day"...HARUSKAH KITA MEMPERINGATI HARI IBU???????


MAri kita kaji....
Setelah mencari referensi dari berbagai sumber, tidak satupun manuskrip-manuskrip kuno yang menjelaskan secara detail jatuhnya hari ibu di tanggal 22 Desember...Dan trnyata di tiap negara hari ibu itu berbeda2..

1. di Eropa
The Mother's day diperingati pada bulan Maret,

2. Amerika Latin
juga memperingati pada bulan Oktober,

3. Yunani
Masyarakat Yunani memilih bulan Juli sebagai hari ibu. bulan Juli aalah hari kelahiran DEWI HESTIA yang dalam mitos Yunani kuno, beliau merupakan dewi pelindung rumah, perapian, serta keluarga.

4. Di Amerika,
Peringatan Hari Ibu di Amerika pertama kali diusulkan pada tahun 1872 oleh Julia Ward Howe, penulis lirik lagu “The Battle Hymn of the Republic” yang ditujukan untuk kedamaian. Tiap tahun, Howe mengurus pertemuan Hari Ibu di Boston, Massachusetts. Pada tahun 1907, Ana Jarvis asal Philadelphia, mulai mengkampanyekan agar Hari Ibu diakui secara resmi. Jarvis berupaya membujuk seorang ibu di gereja di West Virginia untuk memperingati dua tahun kematian ibunya, pada minggu kedua bulan Mei. Tahun berikutnya, Hari Ibu juga diperingati di Philadelphia pada minggu dan bulan yang sama.

5. Perancis
Hari Ibu di negara ini dirayakan setiap hari Minggu terakhir di bulan Mei. Anak-anak akan berlomba-lomba membaca sajak dan membuat kartu ucapan sebagai hadiah kejutan untuk ibu mereka. Hadiah diberikan saat makan bersama keluarga. Si Ibu juga mendapat potongan kue yang sudah disiapkan oleh anak-anak.

6.Swedia
Hari Ibu di Swedia dirayakan pada tanggal yang sama seperti di Bunga plastik dijual untuk membantu para ibu yang membutuhkan.

7.Perancis.
Jauh hari sebelum Hari Ibu tiba, Palang Merah Swedia menjual bunga-bunga kecil dari plastik. Uang yang terkumpul akan diberikan untuk para ibu dan anak yang membutuhkan

8. Australia
Hari Ibu di negara ini dirayakan pada hari Minggu kedua bulan Mei. Pada hari ini penduduk Australia melakukan tradisi menyematkan bunga anyelir di pakaian. Anyelir putih untuk menghormati ibu yang sudah meninggal, sedangkan yang berwarna lain untuk ibu yang masih hidup. Mereka juga menyiapkan sarapan agar ibu bisa menyantapnya di tempat tidur. Menyenangkan, sekali!

9. Afrika Selatan
Sama seperti di Australia, Hari Ibu dirayakan pada hari Minggu kedua Mei. Hari spesial ini tidak hanya dirayakan untuk Ibu, tapi juga para wanita yang sudah dianggap seperti Ibu sendiri. Penduduk Afrika selatan juga menyematkan anyelir di pakaian mereka. Anyelir merah jambu untuk ibu yang masih hidup dan putih untuk ibu yang sudah meninggal.

10. khusus di indonesia, ada banyak momentum sejarah yang bisa dijadikan manuskrip kuno yang mendukung hari ibu, Hari kelahiran Kartini (21 April), namun sumber yang paling jelas adalah momentum kongres organisasi para pejuang wanita pada tgl 22 oktober 1928..disebut-sebut oleh soekarno sebagai cikal bakal lahirnya hari ibu di Indonesia....namun skali lagi, belum ada referensi yang jelas mengapa masyarakat indonesia menghadiahkan hari spesial untuk ibu....ANEH??????

PERTANYAANNYA ADALAH.....
Untuk sembilan bulan ibu mengandung, kita hanya menghadiahkannya hari ibu ?
Untuk semua malam ibu menemani kita, kita hanya menghadiahkannya hari ibu ?
Mengobati kamu dan mendoakan kita, kita hanya menghadiahkannya hari ibu ?
Untuk semua saat susah dan air mata dalam mengurusi kamu, kita hanya menghadiahkannya hari ibu ?
Kalau dijumlahkan semua harga cinta ibu, kita hanya menukarnya dengan perayaan hari ibu ?
Untuk semua mainan, makanan, dan baju,tegakah kita membalasnya dengan ceremoni tahunan?
Anakku… dan kalau kamu menjumlahkan semuanya,
Akan kau dapati bahwa harga cinta ibu begitu besar...ikhlaskah kita menukarnya hanya dengan perayanan tahunan hari ibu ?

Lagian hari ibu yang kita peringati selama ini hanya sekedar formalitas belaka..doa dan permohonan ampun sering terlupakan..

Sungguh....kecintaan bunda kepada kita seluas lautan, sehingga kita tenggelam dan terkadang melupakannya..


Sahabat…
Bukankah kasih dan sayang kita kepada bunda tidak terbatas ruang dan waktu???
Begitu besar cinta dan kasih bunda kepada kita, sehingga sangatlah durhaka keikhlasannya itu kita balas dengan peringatan hari ibu yang diperingati sekali setahun…bukankah kita berkewajiban membahagiakan ayah dan bunda kita setiap saatnya? jika engkau bersama dia..

berlututlah dihadapannya
Mohon ampunalah kepadanya
peluk ia
kecup keningnya
dekap dan rasakan denyutan jantungnya
pandangilah wajahnya sedalam mungkin
tatap mata sayunya
kemudian ucapkan: Mom's Love u full
sambil teteskan air mata pengabdianmu padanya

sangatlah durhaka diri kita jika kehadirannya selama ini hanya menjadi seremoni tahunan saja...sebut namanya dalam doa-doamu, pintakan ampun kepadaNya atas dosa-dosa bunda kita..seraya berdoa smoga Allah ikhlas mengumpulkan kita sekeluarga dalam jannahNya...

Menyayangi mereka (Ayah dan Bunda) adalah kewajiban primer kita.......so jangan kecewakan mereka sahabat..ungkaplah kasih sayangmu disetiap saat, karena hanya itu balasan yang mereka inginkan dari kita..bukan sekedar penghargaan sesaat ataupun materi

kepada sahabatku
Angin...sampaikan salamku untuk dia dan bawalah aku dipundakmu menemui dia malam ini
Bintang...bawalah pesan cintaku untuknya bersama cahayamu dimalam ini
Jangkrik...nyanyikan lagu cintaku untuknya..jangan lupa katakan: aku kangen dia..
Mimpi.....hadirkanlah dia malam ini, agar aku dapat merasakan kehangatan dekapannya lagi..
Kangen.................berhentilah menggodaku karena ku tau ada doa untukku dalam sujud panjangnya

SEBENARNYA DALAM SEJARAH ISLAM, ada sebuah peristiwa agaung yang bisa dijadikan landasan utama bagi penduduk bumi tentang hari ibu, hari ayah, hari keluarga maupun Hari Kasih Sayang....

10 Dzulhijjah....tepatnya pada peristiwa Agung bersejarah...penyembelihan Ismail, adalah hari Ibu, Hari Ayah dan Hari Kasih Sayang bagi ummat Islam. atas dasar CINTA dan KASIH SAYANG, keluarga Ibrahim dan Siti Hajar rela mengorbankan anak semata wayangnya untuk di sembelih dengan tangan mereka sendiridemi CINTA YANG HAKIKI dan BUKTI KETAATAN KEPADA RABBNYA.... Kekuatan apa yang menyebabkan mereka rela melakukan hal ini?jawabnya adalah C..I..N..T..A.................


Miss U Mom's
(sekali lagi bukan dalam rangka merayakan hari ibu)

^^____ Ci'gu (ADE)

Kamis, 03 Desember 2009

Serunya film "My bos My Hero"


MY BOSS MY HERRO Cerita drama ini tentang tuan muda pewaris salah satu klan Yakuza yang sangat terkenal diJepang.Tuan muda klan Yakuza Kantou Shan Fang bernama Sakaki Makio berumur 27 tahun. Sebagai calon pewaris klan tersebut, sakaki dijuluki sebagai "Tornado" karena dia hebat sekali dalam perkelahian dengan gank atau clan lainnya saking hebatnya bisa ngalahin 20 orang lebih padahal dia cuma sendirian duh kocak dah filmnya... hal ini menyebabkan ia dihormati oleh bawahan2 ayahnya,serta orang-orang yang berada di dalam organisasi geng yakuza!.Dalam hidupnya, ia tidak mengenal kata ''belajar'', belajar merupakan hal tersulit yg harus dilakukan sehingga ia hanya mengenyam pendidikan sampai smp..selebihnya, ia terlibat dlam kelamnya dunia Yakuza..

Pada suatu moment transaksi bisnis, sakaki mengacaukan karena ketidak mampuannya berhitung, hal ini lah menyebabkan kemurkaan Ayahnya, sang Pimpinan Yakuza.
Sakaki diberi ultimatum untuk menyelesaikan SMA dan memperoleh sertifikat agar mampu secara akademik, baru kemudian berhak memegang tampuk pimpinan Yakuza.ketika di SMA Hanya sang kepala sekolah yang tau identitas aslinya sebagai tuan muda dr YAKuza dan berumur 27 tahun.
Di SMA cerita berkembang menarik dan banyak mengundang kelucuan karena tindakan2 Sakaki yg sering terbawa kebiasaannya sebagai bos Yakuza. Lucunya, ia dipilih sbgai ketua kelas 3A, yg harus mempersatukan dan memimpin teman sekelasnya,,ia jga berhadapan dengan beragam plajaran sekolah yang sulit, sehingga dianggapnya pelajaran = musuh (-_-)9 .pengawal pribadinya yg berjumlah 5 orang, ikut direpotkan dg statusnya sebagai 'siswa SMA'..mulai dari menyipakan seragam, bekal sampai mengerjakan PR. Ternyata SMA yg dulunya ia benci pada akhirnya memberi beribu makna bagai Sakaki,,ia mengenal arti persahabatan, kesetiaan, pengorbanan, n cinta pertama.Di SMA juga terdapat Puding yang sangat enak,bahkan tanpa puding itu suasana sekolah St Agnes seperti tak mempunyai gairah hidup lagi.. wah kocak abis dah,,, apa lagi sakiki makio juga sangat menyukai puding.. dan menjelang kelulusan clan bebuyutan dari yakuza yang bernama Kumada menyerang sekolah tempat Sakaki bersekolah,, Kumada ingin menghancurkan Yakuza dengan cara licik,agar sakaki tidak lulus dan tidak menjadi pewaris Clan Yakuza.. Mendingan lo tonton deh.. gw jamin lagsung jatuh Cinta..!!

Selasa, 01 Desember 2009

Mengenal Gengis Khan


Sekedar cerita dan profile genghis khan

nama asli dari Genghis Khan adalah Temujin.Beliau adalah salah satu tokoh sejarah yang paling gw kagumi.

Profile
Nama : Genghis Khan/temujin
tahun lahir : sekitar tahun 1162 dan 1167

Khan lahir di di daerah pegunungan Burhan Haldun, dekat dengan sungai Onon dan Herlen. Ibu Temujin, Holun, berasal dari suku Olkhunut. Kehidupan mereka berpindah-pindah layaknya seperti penduduk Turki di Asia Tengah. Saat Berumur 9 tahun, Temujin dikirimkan keluar dari sukunya karena ia akan jodohkan kepada Borte, putri dari suku Onggirat. Ayah Temujin, Yesugei meninggal karena diracuni suku Tartar tepat pada saat ia pulang setelah mengantar Temujin ke suku Onggirat.

Sejarah Perjuangan Genghis Khan :

Menyatukan Mongolia

Temujin mempunyai teman baik yang juga merupakan saudara angkatnya, yang bernama Jamukha. Ia pernah berkali-kali ditolong oleh Jamukha, yang merupakan keturunan dari suku Jadaran. Bersama-sama dengan saudara angkatnya, Temujin berhasil merebut kembali hak kekuasaannya atas sukunya dan juga perserikatan Mongolia yang didirikan ayahnya dahulu. Waktu demi waktu, wilayah Temujin menjadi semakin besar, yang dilakukan dengan cara menghancurkan musuh-musuhnya dan menggabungkan suku-suku dalam perserikatan Mongolia. Musuh terbesar Temujin dalam sejarah ternyata adalah saudara angkatnya sendiri, Jamukha, yang sering mengadu-domba Temujin dengan suku-suku lainnya, termasuk ayah angkat Temujin sendiri yang bernama Wang Khan. Setelah Temujin berhasil menyisihkan musuh-musuhnya dan melaksanakan perintah almarhum ayahnya, Yesugei, ia kemudian juga berhasil membalaskan kematian nenek-moyangnya, yang dibunuh oleh kerajaan Jin. Temujin kemudian diangkat menjadi Khan dengan gelar Jenghis Khan; yang artinya "Khan dari Segala-galanya".

Perang Melawan Suku Jin(cin)

Nenek-moyang kerajaan Jin berasal dari suku Jurchen. Suku Jurchen berhasil menguasai wilayah utara China selama lebih dari 100 tahun. Hal ini akan menjadi kesulitan besar untuk Jenghis Khan dalam menunaikan tugasnya. Kerajaan Jin memiliki jumlah pasukan yang hampir mendekati jutaan jiwa (lebih dari 10 kali lipat dari pasukan Jenghis Khan pada waktu itu). Mereka hidup aman dibalik tembok kerajaan yang besar dan susah untuk diserang. Jenghis Khan berhasil meruntuhkan semangat perang dan kekuataan kerajaan Jin dalam berbagai peperangan. Salah satunya adalah perang di Tebing Serigala Liar, dimana Jenghis Khan yang hanya memiliki pasukan tidak lebih dari 100.000 tentara berhasil membabat pasukan musuh yang besarnya lebih dari setengah juta jiwa. Kejayaan Jenghis Khan terbukti dari keberhasilannya dalam merebut ibukota kerajaan Jin, Dadu, yang sekarang ini menjadi Beijing. Para seniman (artis), ahli senjata (terutama ahli senjata berat/siege weapon), dan barang berharga, semuanya dibawa kembali ke Mongolia sebagai budak dan rampasan perang.

Invasi ke Timur Tengah

Sejarah mencatat invasi yang dipimpin oleh Jenghis Khan sendiri dengan ratusan ribu tentara terpilih ke kerajaan Khawarizmi yang pada waktu itu menguasai seluruh wilayah Timur Tengah diawali dengan pedagang Mongolia yang dibunuh dan harta mereka dirampas oleh panglima Khawarizmi yang serakah. Keserakahan itu membawa bencana bagi bangsanya. Jenghis Khan berhasil menawan dan menghukum mati panglima tersebut dengan cara menuangkan logam panas ke matanya. Kerajaan Khawarizmi menderita kerugian yang tidak terhitung. Amarah Jenghis Khan bertambah setelah cucu kesayangannya terbunuh. Populasi rakyat Timur Tengah berkurang hingga 1/10, dan wilayah Mongolia pun bertambah luas sampai kebagian barat benua Asia.


Sejarah pernah mencatat bahwa pada saat Jenghis Khan mundur kembali ke Mongolia, ia sempat memerintahkan dua jendral terbaiknya, Jebe dan Subotai Baatur untuk menyelidiki daerah barat dan membasmi sisa musuh sampai ke wilayah Russia. Jebe dan Subotai pernah menginjak daratan Eropa pada saat itu, dan mengalami konfrontasi dan menghancurkan pasukan Salib yang hendak menyerang wilayah Arab. Sumber konfrontasi itu diperkirakan terjadi karena pasukan Salib dari Eropa mengira pasukan Mongol adalah pasukan Arab.

Wilayah Timur Tengah kemudian dibagi-bagi dan dikuasai oleh putra-putra Jenghis Khan.

Saat-saat kematian Genghis Khan

Jenghis Khan yang sudah berumur tua dipaksa untuk memimpin pasukan untuk menghancurkan kerajaan Abbasiyah untuk kesekian kalinya, namun ketidak-cakapan para pasukan dan seringnya melakukan mabuk-mabukan memperlemah pasukan militernya. Ia meninggal dalam perjalanan dan dirahasiakan oleh panglima-panglima setianya sampai musuh berhasil ditaklukan. Kuburan Jenghis Khan dirahasiakan agar tidak dirusak oleh orang lain. Kekuasaan Mongol diwariskan kepada putra ketiganya, Ogodai Khan. Alasan Jenghis Khan menunjuk putra ketiganya untuk meneruskan tahta warisnya, disebabkan oleh keahlian yang dimiliki Ogodai Khan dalam bernegoisasi, memimpin negara dan sifatnya yang tidak sombong (tidak seperti kedua kakaknya yang sering bertempur satu sama lain).



Dulu gw pernah baca 1 artikel cuma pass gw cari itu artikel ga ketemu.Artikel itu isinya ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa Genghis Khan memegang sebuah pecahan tombak yang menjadikan dia kebal.tombak tersebut adalah tombak yang menusuk lambung Tuhan Yesus yang bernamakan Longinus Spear.Cuma gw agak2 lupa sih bener ato ga Genghis Khan yang megang itu tombak....(dari berbagai sumber)
 

kunjungi juga

Dunia Blogger Indonesian Muslim Blogger
Atas nama TuhanKu Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template